Lebih Serius Bareng Zenius


Intro

Kira-kira tahun depan bakal gimana ya? Duh, tahun depan ada UN, SBMPTN, buset! Cemas, dag dig dug, semangat, nyampur jadi satu. Cobaan di kelas 12 ini memang berat, bro! Udah nggak bisa santai-santai lagi.

Oya, kenalin, aku Tiara Dewangga, biasa dipanggil Tiara atau Tir. Aku sekolah di salah satu sekolah swasta di Kota Jambi. Sekarang aku kelas 12 IPA. Di kelas IPA, aku termasuk murid yang rata-rata aja. Meski begitu, aku belajar bener-bener belajar, nggak cuma sekadar dapet nilai dan dapet ranking. Mungkin sekian untuk perkenalan singkatnya.

"Oke, apa tujuan Tiara di tahun depan?"


Tujuan? Hmm... Jelas tujuan aku untuk tahun depan adalah jebol SBMPTN. Itu tujuan utama aku. Aku pingin ngambil Ilmu Komputer-UI. Sayangnya, keketatan Ilkom-UI itu tinggi banget, men! Selain itu, aku juga pingin jadi peraih nilai UN terbaik di sekolah, ya kalau bisa di Kota Jambi. Tahun ini, dari sekolah aku, ada sekitar 3-5 anak yang masuk 10 besar peraih nilai UN tertinggi jurusan IPA se-Provinsi Jambi (kalo nggak salah sih se-Provinsi Jambi). Aku juga pingin jadi salah satu dari kesepuluh anak itu. Tapi, dapet nilai UN bukan tujuan utama aku. Tujuan utama aku tetep jebol SBMPTN. Tujuan aku di tahun 2018 besok nggak main-main. Harus dipersiapkan dengan serius. Sampai saat ini, aku nggak ikut les. Aku hanya ngandelin Zenius.


Zenius? Serius?

Iyep. Zenius adalah andalanku belajar selama SMA ini. Untuk SBMPTN nanti, aku juga tetep ngandelin Zenius. Buat yang belum tau apa itu Zenius, aku bakal jelasin briefly. Zenius adalah salah satu platform pembelajaran dengan basis video. Materinya lengkap banget mulai dari SD sampe materi SBMPTN. Soal-soalnya juga lengkap banget, disusun dari level mudah hingga sulit. Soal-soal juga dibahas dalam bentuk video. Untuk berlangganan jadi member premium mudah kok. Harganya juga terjangkau dan worth it banget, karena sekali jadi member premium, kita sudah bisa akses ke semua video.

Zenius tersedia dalam bentuk online maupun offline. Dalam bentuk online bisa diakses di www.zeniut.net. Penampakannya gini nih.


Dalam bentuk offline tersedia dalam bentuk CD. Ada dua paket yakni Zenius Multimedia Learning (yang tersedia satuan, jadinya bisa dipilih sesuai kebutuhan) dan Xpedia 2.0 (yang berbentuk paketan lengkap materi setahun atau untuk alumni yang mau belajar SBMPTN). Kalo aku kebetulan beli Xpedia 2.0. Dengan beli Xpedia 2.0, aku nggak perlu repot-repot untuk buka website Zenius dan nggak perlu nunggu kondisi sinyal yang mendukung. Btw, ini Xpedia 2.0 aku.




"Apa bedanya Zenius dengan yang lain?"

Belajar di Zenius itu based on concept. Jadinya belajarnya seru banget. Ditambah lagi tutornya yang seru, ngajarnya pake bahasa antarkawan, jadinya berasa diajarin sama temen sendiri. Ada juga tutor-tutor yang gokil, yang bisa bikin kita cengengesan pas nonton. Materi di Zenius itu runtut dan tersusun rapi, malahan diajarin dari basic-nya. Kerennya lagi nih, Zenius juga niat banget buat bantu para pejuang SBMPTN. Nggak cuma ngasih materi dan nyediain soal-soal dari jaman 90'an sampe yang terbaru, kita juga bakal dibantu dengan tips-tips belajar dan strategi untuk menghadapi SBMPTN. Hal-hal di luar belajar yang turut mendukung proses belajar juga dijelasin di Blog Zenius. Materi-materi belajar di Zenius disusun sesuai dengan cara belajar Deliberate Practice. Wah, apa lagi tuh? Nanti bakal dibahas. Untuk menggolkan tujuan yang udah aku sebut sebelumnya, aku harus mempersiapkannya dengan serius. Maka dari itu, aku bakal nyusun rencana belajar aku bareng Zenius.


2017 : Antara Serius dan Kurang Serius

"Memang 2017 kenapa?"

Sebelum aku menjabarkan rencana belajar aku, aku akan merenung terlebih dahulu. Setelah aku berkontemplasi (ciaelah berkontemplasi), aku menyadari ada beberapa catatan di tahun 2017 ini terutama dalam hal belajar. Catatan itu ada yang menunjukan kemajuan dan ada yang menunjukan stagnasi. Berikut catatannya.

  • Belajar Based on Concept : Serius

    Setelah sekitar dua tahun (lebihlah) belajar bareng Zenius, aku makin suka belajar based on concept yang diajarin sama Zenius. Aku malah semakin anti sama hafal rumus. Ada rumus-rumus dasar yang harus dihafal, tapi rumus dasar itu adalah konsep dasarnya. Aku ngrasain terutama di pelajaran fisika. Btw, aku sudah suka fisika sejak kelas 7. Papa aku jago fisika dan selalu ngajarin aku untuk "pahami kedudukan soal" dalam pelajaran fisika. Pas itu aku nggak tau gimana cara untuk memahami kedudukan soal. Papa juga sesekali ngomong, "pahami konsepnya, Tiara." Pas itu aku juga nggak tau mana yang jadi konsep dan gimana cara nyari konsepnya.

    Dengan adanya Zenius, aku jadi makin suka sama pelajaran fisika. Aku sudah mulai paham apa maksud papa aku setelah beberapa kali belajar fisika di Zenius. Aku semakin paham konsep fisika dan mulai sering untuk melihat kejadian sekitar dengan konsep fisika. Oya, belajar based on concept ini nggak cuma di fisika loh. Aku juga ngrasain serunya belajar MTK, kimia apalagi biologi setelah belajar Zenius. Dengan belajar konsepnya, kita bakal semakin memahami bahwa belajar itu sebenernya berguna banget buat kehidupan sehari-hari.

  • Nyelesain Semua Bab SBMPTN : Serius

    Mulai dari awal tahun, aku sudah bertekad untuk nyelesain semua bab di SBMPTN di tahun 2017 ini. Jadi di tahun 2018 aku tinggal latihan soal. Di semester awal tahun 2017, aku sudah mulai nyicil-nyicil, tapi nggak ngambis. Aku mulai ngambis akhir tahun 2017. Sayangnya nih, aku belum sempet belajar TPA (dan ada beberapa materi Saintek). TPA baru belajar lewat TO. Aku agak bingung mau naro ini sebagai serius atau kurang serius. Tapi karena aku sudah mulai nyelesain satu per satu bab di tahun ini (meskipun belum selesai), aku cek sebagai serius.

  • Menekuni Basic Skills : Serius

    Ini terutama untuk matematika sih. Aku sudah nonton semua dan latihan semua paket di sana, termasuk basic skills di Basic Mathematical Skills. Itu emang perlu banget untuk ngerjain MTK. Banyak perhitungan-perhitungan yang butuh trik-trik dalam pengerjaannya. Tapinya nih, aku masih kurang teliti ngitung.

  • Ngatur Waktu : Kurang Serius

    Ini adalah penyakit aku dari tahun ke tahun dan menurut aku tahun 2017 ini adalah yang paling parah. Kenapa? Karena di tahun 2017 ini, aku mulai punya rombongan, sering nongkrong-nongkrong makan-makan (ngabisin duit) dan juga kerja kelompok yang nggak efektif dan efisien. Paling parah itu pas akhir semester satu tahun 2017, itu pas UAS semester 2 kelas 11. Pas itu ada banyak tugas kelompok yang harus dikumpul deket-deket ujian. Ditambah aku sering ditunjuk jadi ketuanya. Jadinya, aku harus bekerja lebih ekstra untuk mengkoordinir semuanya. Karena pengaturan waktu aku yang buruk, jadinya aku nggak fokus buas UAS dan nggak fokus juga buat nglanjutin bab-bab SBMPTN.

  • Ngatur Jadwal : Kurang Serius

    Aku juga nggak pinter nyusun jadwal. Dulu aku pernah buat jadwal belajar untuk SBMPTN. Jadi aku buat jadwalnya itu 1 bab/pelajaran untuk 1 hari. Masing-masing hari punya jadwal belajarnya. Ternyata, pas dilaksanain, aku punya beberapa aktivitas tak terduga yang membuat jadwal pas hari itu bubar. Maunya sih jadwalnya diganti jadi besok, tapi besoknya udah keburu males.

    "Gitu aja terus..."

    Iya, gitu aja terus. Aku udah beberapa kali nyusun jadwal tapi gak jadi-jadi. Ya karena mikirnya aja udah males, percuma dibuat. Maka lahirlah jadwal belajar metode impromptu alias serta-merta. Aku cuma nyusun di otak, kapan harus belajar bab ini, besok belajar apa aja, lusa belajar apa aja, kerjain PR ini itu kapan aja, semuanya disusun dan diinget gitu aja di otak. Jatohnya itu adalah rencana belajar jangka pendek.

  • Deliberate Practice : Kurang Serius

    Aku udah pernah baca artikel ini sebelumnya. Bisa diliat di "Cara Belajar yang Efektif : Deliberate Practice (DP)" by Kak Sabda dan di "Apa Bedanya Deliberate Practice dengan Practice Biasa?" by Kak Wisnu. Aku menyimpulkan bahwa Zenius sepakat bahwa pembelajaran dengan metode Deliberate Practice adalah cara belajar terbaik. Meski aku sudah baca beberapa kali, aku belum nerapin dengan mantep (malahan lebih ke practice biasa). Ini bisa dilihat dari nilai TO aku yang segitu-segitu aja. Ini baru aku sadari di akhir tahun, lho! Aku baru sadar bahwa DP itu perlu.

Dengan adanya daftar catatan di tahun 2017, aku bisa menyusun rencana belajar di tahun 2018. Aku bisa belajar dari kesalahan-kesalahan aku di tahun 2017 kemarin.


Rencana Belajar 2018

"Lalu, apa aja nih rencana belajar Tiara di tahun 2018?"

Intro diri sudah, intro Zenius sudah, catatan di tahun 2017 juga sudah. Sekarang giliran untuk njembrengin rencana-rencana belajar aku di tahun 2018 mendatang. Ngomongin tentang rencana belajar, sebelumnya aku nggak pernah serapi dan sematang ini. Untuk tahun depan, sebenernya bisa aja sih aku pake metode serta-merta. Tapi, tahun depan nggak boleh main-main toh? Tahun depan bakal ada SBMPTN dan aku (serta kita semua) harus mempersiapkan sebaik mungkin dalam bentuk rencana belajar jangka empat bulan. Jadi thanks banget buat Zenius yang membuat program ini sehingga anak-anak Zenius jadi semangat untuk ngerancang rencana belajar, termasuk aku.

Iyak, balik ke topik. Langsung aja ya aku njembrengin poin demi poin rencana belajar aku tahun depan. Cekidot!

  1. Serius Ngatur Jadwal

    Kegundahanku terjawab setelah aku baca artikel Kak Glenn di Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif. Setelah baca artikel itu, aku dapet "momen O"-nya. Jadi, bikin jadwal yang efektif itu adalah dengan pendekatan tugas atau materinya, bukan ke waktu. Sebutannya adalah Task-Oriented Schedule. Sebelumnya aku udah ceritain bahwa dulu aku nyusun jadwal itu berpatokan banget dengan waktu atau Time-Oriented Schedule. Jadwal yang berpatokan dengan waktu inilah yang buat jadwal selalu bubar. Nah, aku baru mulai nerapin secara efektif hari Senin, 6 Nopember 2017. Tapi pas itu aku nggak langsung nyusun sampe tahun depan. Aku cuma nyusun tiap hari Minggu. Karena udah deket UAS, dua minggu jadwal aku sempet kosong.


    "Wah, jadwal impromptu-nya masih nempel ya?"

    Yaa... bisa dibilang gitu sih, hehe. Oya, warna-warna dalam tabel ada artinya, lho! Biru tua untuk matematika, merah untuk fisika, ungu untuk kimia, hijau untuk biologi, krem untuk TPA, oren untuk bahasa Indonesia dan biru muda untuk bahasa Inggris. Well, sebelum tahun 2018 mulai, aku bakal nyusun jadwalnya. Jadwalnya seperti ini.



    "Kok cuma sampe Januari?"

    Sebelumnya aku udah pernah cerita kalo aku udah niatin untuk nyelesain semua bab di tahun 2017 dan meleset di TKPA dan beberapa materi saintek. Jadinya di bulan Januari aku fokus belajar TKPA. Bulan-bulan sisanya aku pake buat Deliberate Practice dan TO. Dalam membuat jadwal, aku langsung nempatin judul babnya. Nah, judul bab itu udah mencakup paket belajarnya, termasuk latihan soal dan pembahasannya. Kalau materinya lumayan banyak, aku buat dalam seminggu hanya satu atau dua materi. Dalam tiap minggunya, aku nggak cuma belajar materi SBMPTN. Aku juga ikut TO mingguan Zenius, TO-TO lainnya, latihan soal, dan Deliberate Practice. Makanya, materi dalam seminggunya nggak banyak. Selanjutnya, aku bakal bahas tentang Deliberate Practice ini.

  2. Serius Deliberate Practice

    Tahun 2017 aku kurang serius untuk menerapkan DP ini. Di tahun depan, aku harus serius belajar DP karena menurut aku ini penting banget untuk ngadepin SBMPTN. Supaya aku bisa memetakan kemampuan aku, aku buat tabel pencapaian. Tiap babnya aku susun berdasarkan Soal yang Sering Keluar di SBMPTN. Kurang lebih begini pemetaannya.






    Tabel di atas disusun berdasarkan bab yang sering keluar di SBMPTN. Untuk mempermudah pemetaan dalam belajar, masing-masing bab aku klasifikasikan sesuai dengan bab besarnya. Untuk fisika, bab besarnya mengacu ke "SBMPTN-Fisika (Lengkap)" sedangkan untuk biologi, bab besarnya mengacu ke Tips Persiapan Belajar SBMPTN Biologi. Berikut adalah tabel setelah diklasifikasikan ke bab besar dan contoh pemetaan kemampuan si (sebut saja) Mawar.






    Cara ngukurnya dengan sering ikut TO. Kira-kira, pas kita ngadepin soal di bab itu, bisa nggak ya? Lama nggak ngerjainnya? Nah dari situ aku memetakan kemampuan aku. Ini bakal bantu banget untuk proses DP. Mana yang kira-kira masih belum Expert, dilatih dulu dalam DP, apalagi yang levelnya masih Noob. Yang sudah masuk level Experienced, sementara dibiarkan dulu. Tujuannya adalah untuk memetakan kemampuan serta memastikan bahwa kita benar-benar menguasai keseluruhan materi.


    Flowchart di atas adalah skema aku belajar untuk Deliberate Practice. Kurang lebih mirip dengan skema yang dibuat sama Kak Glenn di "7 Langkah Strategis untuk Belajar SBMPTN". Untuk pembuatan skema, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pejuang. Kalo bingung mau belajar Deliberate Practice darimana, kita bisa cek kemampuan kita di TO atau coba kerjain soal SBMPTN tahun lalu. Kita petakan dulu kemampuan kita, mana yang masih sangat kurang atau Noob, mana yang sangat urgent untuk diulang.

    "Gimana cara kamu belajar Deliberate Practice?"

    Setelah tau mana aja yang butuh dipelajari ulang, aku buka dulu ringkasan materinya. (Aku dari kelas 10 udah mulai ringkas-ringkas materi untuk persiapan SBMPTN, jadi gampang aja nyarinya.) Kalo sudah paham, aku coba latihan soal. Kalo masih belum bisa, buka lagi Xpedia-nya atau www.zenius.net. Setelah review dengan nonton videonya, coba lagi latihan soal. Kalo sudah bisa, lanjut ke soal-soal lain sampe lihai ngerjainnya. Aku sendiri untuk belajar Deliberate Practice bisa seharian bahkan lebih. Deliberate Practice itu nggak mudah, men. Tapi harus dijalanin buat hasil yang maksimal.

  3. Serius Belajar Efektif

    Pada akhirnya aku menyadari bahwa belajar efektif dari tips-tips yang udah dibagi sama Zenius itu perlu. Tips-tips itu membuat kita semakin berhati-hati dan semakin prepare. Berikut adalah daftar link tips persiapan SBMPTN masing-masing mata pelajaran.

    Dan masih banyak banget artikel-artikel yang mengupas tuntas tips-tips belajar SBMPTN di Zenius Blog. Ini sekalian untuk ngasah Deliberate Practice. Masing- masing mata pelajaran punya cara khusus untuk menghadapinya.

    Oya, aku punya cara tersendiri untuk belajar biar gampang nempel. Caranya adalah presentasi! Biasanya nih, aku minta mama aku dengerin aku presentasi. Ilmu yang sudah aku pelajari lewat Zenius aku gunakan untuk menjelaskan keadaan-keadaan yang terjadi di deket rumah, misalnya teori tentang pelapisan perak perhiasan. Bukan cuma itu, aku juga pernah ceritain ulang apa yang udah aku pelajari di Zenius, misalnya aku pernah ceritain tentang teori evolusi, percobaan oleh Spalanzani, juga percobaan oleh Louis Pasteur yang mematikan teori abiogenesis. Selain metode presentasi, aku juga menerapkan teori-teori yang sudah aku pelajari untuk memecahkan masalah-masalah sederhana yang aku hadapin. Misalnya, gimana cara nyusun barang biar nggak mudah jatuh sampe mengurangi panas karena megang mangkok plastik yang isinya tekwan panas pake konsep termos.

  4. Serius Ngasah Basic Skills (Lil Train for Big Gain)

    "Bukannya kamu udah serius ngasah basic skills di tahun 2017?"

    Aku masih punya kelemahan-kelemahan di basic skills, makanya aku tetep harus ngasah kemampuan ini. Terutama di matematika. Trik-trik yang diajarin Kak Sabda itu bantu aku banget pas ngerjain soal dan TO. Cuma, aku masih kurang teliti untuk ngitung. Makanya basic skills ini harus diasah. Biasanya, aku latihan Basic Skills sekalian dengan Deliberate Practice. Pas latihan soal yang berhubungan dengan itung-itungan. Di situlah aku terus latihan berhitung pake trik-trik aritmatika yang diajarin sama Bang Sabda. Latihan-latihan kecil ini akan sangat berpengaruh untuk TO dan SBMPTN.

  5. Refreshing

    Kayaknya nggak mungkin juga poin ini disebut "Serius Refreshing." Jadi ini cuma selingan aja. Refreshing itu perlu. Biasanya, aku main game PC offline untuk melepas penat setelah belajar. Dibandingkan dengan game mobile online, game PC offline nggak senagih kalo main game mobile online. Kadang, motivasi juga dibutuhkan saat refreshing ini. Di blog Zenius, ada banyak banget artikel-artikel yang bisa bikin kita termotivasi. Beberapa di antaranya :

    Yep, refreshing berupa motivasi juga perlu untuk persiapan SBMPTN. Belajar dari rekan-rekan yang gagal SBMPTN juga perlu agar kita tidak membuat kesalahan yang sama. Membaca kisah perjuangan, keberhasilan dan kegagalan rekan-rekan juga merupakan proses belajar, lho! Kita bisa mempelajari bagaimana pola-pola dari mereka yang tembus SBMPTN. Kadang ada juga rekan-rekan yang memberikan tips atau jurus untuk tembus SBMPTN. Apalagi artikel kiriman murid Zenius yang sudah dipilih Zenius sudah pasti cerita pilihan yang bakal worth it banget kalo kita baca.

Demikianlah rencana belajar aku bareng Zenius untuk tahun 2018 besok. Btw, apa kalian udah mulai serius juga?


"There is no greater weapon than a prepared mind."-Zhuge Liang

Komentar

  1. Very inspiring.
    Selamat sudah menang Lomba Blog Zenius, ya.

    Dan, terimakasih karena artikel ini sangat menginspirasi saya.

    BalasHapus
  2. Wah konsep DP-nya oke banget. Dpt idenya darimana itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh makasi Arul ^^
      Ttg tabel DP-nya, aku terinspirasi dari game :v kan kalo kita main game, pasti terus termotivasi utk naikin level. Aku berpikiran, kayaknya bikin tabel level utk DP SBMPTN oke juga nih
      Sukses yaa!!

      Hapus
    2. Oh kamu gamer? :D
      Andai dari semester kemarin aku keidean. Haha.
      Sipp. Sukses juga Tiara!!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bukan Asal Asa : Program EEE untuk Daerah 3T Menuju SDGS

Menang ZenBlog Competition, Gimana Nasib Tiara Sekarang?